Pusat Informasi Kehutanan

Pusat Informasi Kehutanan (PInK) Fakultas Kehutanan IPB (Forestry Information Center, ForInC) dibangun berdasarkan pada pemikiran bahwa dalam era globalisasi dan digitalisasi menuntut penguasaan informasi secara cepat dan akurat; dengan demikian, penelusuran, pengumpulan, pengolahan data dan informasi serta analisis data dan informasi menjadi informasi yang lebih baik serta desiminasi secara cepat menjadi sebuah kebutuhan.

Mengingat peran penting ekosistem hutan dan kehutanan serta kondisi data dan informasi terkait dengan pengelolaan sumberdaya hutan yang memerlukan pengelolaan yang lebih baik, Fakultas Kehutanan IPB memandang penting dan perlu untuk membangun Pusat Informasi Kehutanan (Forestry Information Center, ForInC).

Dalam rangka mewujudkan Pusat Informasi Kehutanan, pimpinan Fakultas Kehutanan IPB bersama-sama dengan pimpinan IPB yang menangani Kerjasama dan Program International pada Tahun 2009 menjajagi kerjasama dengan berbagai pihak untuk membangun Pusat Informasi Kehutanan.

Salah satu pihak yang tertarik untuk membantu membangun fasilitas pendidikan Fakultas Kehutanan IPB adalah Yayasan Bhakti Tanoto (YBT). Melalui proses panjang, pada Tahun 2011 Fakultas Kehutanan IPB bersepakat dengan YBT untuk mengembangkan fasilitas pendidikan Fakultas Kehutanan IPB.

Melalui Perjanjian Kerjasama antara YBT dengan IPB Nomor: TF.JKT/SSI/Perjanjian/2012/XI/112 dan No. 36/IT3/KsP/2012 tentang Pemberian Dana Bantuan untuk Pembangunan Gedung Pusat Informasi Kehutanan Fakultas Kehutanan, YBT bersepekat memberikan dana hibah untuk pembangunan gedung 3 lantai, seluas 1500 m2. Selain itu YBT dan IPB bersepakat untuk melakukan penelitian bersama mengenai kehutanan Indonesia dan Ekosistem Hutan Gambut di Riau.
image here

Gedung yang diberi nama Tanoto Forestry Information Center menjadi salah satu sumberdaya yang diperlukan untuk mendukung terwujudnya Pusat Informasi Kehutanan, Fakultas Kehutanan IPB.

Pusat Informasi Fakultas Kehutanan IPB diarahkan untuk mencapai Tujuan, Sasaran sebagai berikut:

TUJUAN :

Terwujudnya pusat informasi ilmiah kehutanan yang handal dan terpercaya untuk menopang pembangunan kehutanan.


Sasaran :

1. Riset Strategis yang bersifat lintas disiplin dapat dikembangkan melalui jejaring antar pakar dan antar lembaga secara berkelanjutan.

2. Pusat unggulan informasi ilmiah dapat diwujudkan pada tahun 2020.

3. Layanan informasi ilmiah kehutanan didayagunakan oleh para pihak dalam penetapan kebijakan, pengambilan keputusan manajemen dan pengembangan IPTEKS kehutanan pada tahun 2025.

4. Pusat kegiatan organisasi kemahasiswaan di fakultas kehutanan terwujud, yang mampu menopang pembelajaran mahasiswa secaa berkelanjutan.

RUANG LINGKUP :

1. Penataan Kelembagaan Pusat Informasi Kehutanan: mengembangkan sistem manajemen, menata dan membangun proses pembelajaran organisasi, mengembangkan sumberdaya manusia organisasi,  menggali dan mengelola sumber pendanaan/keuangan, membangun dan mengelola sarana-prasarana, mengembangkan dan mengelola kemitraan dan jejaring infromasi ilmiah kehutanan.

2. Pengelolaan sistem informasi ilmiah kehutanan, baik pada tingkat  bentang lahan, ekosistem, spesies, maupun genetik, untuk melayani kebutuhan informasi para pihak dan/atau hasil analisisnya pada berbagai tingkatan, baik penetapan kebijakan, pengambilan keputusan di tingkat manajemen, maupun pengembangan IPTEKS kehutanan.

3. Pengembangan dan penyelenggaraan riset strategis yang bersifat lintas disiplin melalui jejaring antar pakar dan antar lembaga secara berkelanjutan untuk menjawab berbagai permasalahan aktual kehutanan.

4. Mengelola Gedung TFIC sebagai bagian dari Pusat Informasi Kehutanan, Fakultas Kehutanan IPB.

5. Mengelola pusat kegiatan organisasi kemahasiswaan di Fakultas Kehutanan untuk menopang pembelajaran mahasiswa secara berkelanjutan.

6. Mengembangkan skema kemitraan publik-partikelir dalam pengelelolaan riset strategis dan pengelolaan infomasi ilmiah kehutanan.

 

Lokasi kami di google maps